Selasa, 28 Februari 2012

Tim Finalis Do Network Telah Mengembangkan Aplikasi Pengurai Kemacetan




Kota Jakarta memang sangat akrab dengan kemacetan. Hal itulah yang mengilhami tim peneliti dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia untuk merancang solusi Sistem Pengaturan Lalu Lintas Cerdas dan Adaptif.

Alat ini disesuaikan dengan tingkat kepadatan lalu lintas di sebuah tempat, jika posisi sangat padat, maka lampu lalu lintas bisa disesuaikan. Kata sang pembuat aplikasi, Petrus Mursanto.

Untuk mengimplementasikan sistem ini, sebelumnya kepadatan lalu lintas harus diidentifikasi melalui CCTV yang sudah ada di persimpangan, untuk selanjutnya melihat kecepatan laju kendaraan. Metode olah data ini menggunakan Distributed Constraint Satisfaction Problem(DCSP).

Untuk menghitung jumlah kendaran di jalanan dan dapat memahami kondisi jalan secara akurat, maka  sistem aplikasi ini menggunakan Principal Componant Analysis (PCA), Viola Jones Algoritma, dan Kalman Filter.

Petrus mengaku pihaknya sudah tiga tahun ini meriset kemacetan di kota besar seperti Jakarta. Bahkan, sekarang ide ini sudah sampai pada naskah akademik dan siap dipublikasikan. Ide ini juga sudah dipresentasikan kepada Jasa Marga.

by Facebook Comment untuk Anda!

Artikel Terkait


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung di Zona Artikel.
Kapan2 mampir lagi ya ! (:

 

Visitor Online

Followers

Zona Artikel Copyright © 2011 Not Magazine Transparent 3 Column is Designed by Yudi