Kamis, 09 Agustus 2012

Kumpulan Kata Kata Motivasi Bermanfaat



Gak ada tuh orang yg Bodoh, yg ada hanya mereka-mereka yg malas untuk merubah diri jd lebih baik
Percuma juga lo ngeluh sana-sini kalo lo nya gak ngelakuin perubahan sdkitpun yah tetep aja hidup lo kyak gini..
Buat apa lo ngelakuin hal-hal Bodoh kalo lo itu punya banyak kesempatan/waktu untuk ngelakuin hal-hal yg bener
Yang Mewah gak selamanya buat lo terlihat Cantik .. So, yg sederhana aja cukup asal orng-orng gak bosen liatin lo
Jgn buang-buang waktu lo itu buat ngeladenin mereka yg gak tau diri
Bergaul sma orang yg gak bener gak menjamin kita ikutan gak bener, asal pinter2 aja tau mana yg baik dan gak baik yg dilakuin
Jangan ngomongin kesalahan orang sana-sini seakan lo gak pernah punya salah
Apa susahnya lo itu menghargai orang yg ngehargain lo
Jgn pernah meminta maaf kalo lo masih akan ngelakuin kesalahan yg sama
Nyadar gak kalo lo itu bisanya cuman ngeluh dan ngeluh sma org tua lo, Lo gak prnah bisa ngertiin mereka.. Ego lo doang yg lo pentingin!
kalo pengen bersaing yah secara sehat Jangan saling ngejatohin
kebanyakan dri kita terlalu memntingkan diri sendiri dan tak pernah perduli sama orang-orang yg ada di sekitar kita
hidup itu sebenernya yg penting bahagia aja sih dan bukan menjadi kaya dan hidup dalam kemewahan
Jangan hanya karna ia terlihat bodoh lo bisa seenaknya nilai orang.. Liat dlu lebih jauh siapa tau dia lebih hebat dari lo
Jangan pernah sia-siain mereka yg benar-benar sayang dan cinta sma lo
Mereka yg sering ngatain lo Bodoh sebenernya tak lebih pinter dari lo
Merubah diri itu dari kemauan lo sendiri, bukan karna hasutan atau kata-kata orang laen yg ada di sekitar lo
Lo yg udah dikasih kepercayaan itu artinya dia udah gak ragu lagi sma lo, so.. Jgn sia-siain apa yg udah mereka beri ke lo
Jgn sekedar omongan dan niat doang tuh pengen berubah, tp buktiin kalo lo bisa
mumpung masih muda coba deh ngelakuin hal-hal yg baik buat masa tua lo nantinya
Ngomong ini-itu tp gak ada bukti, mending diem aja deh!
Tak ada kesalahan maka tak ada pembelajaran untuk memperbaiki segalanya
Bukan mereka yg nentuin hidup lo tapi diri lo sendiri yg nentuin segalanya
Manfaatin idup lo dgn ngelakuin yg baik-baik jgn asal-asalan, ntar nyessel...
Jadikanlah hinaan-hinaan yg lo dapet dri mereka adalah kekuatan buat lo nunjukin kalo lo itu bisa lebih hebat dri mereka
Tak ada hal yg tak mungkin kalo lo mau berusaha dan percaya atas apa yg lo mau.
Buat apa lo bersedih sma keadaan lo yg sekarang kalo lo masih bisa nikmatin semuanya apa yg lo mau.
Setiap org punya kelebihan dan kekurangan, jd gak usah deh saling merendahkan dan melebih-lebihkan diri sendiri atau org laen.
Jgn buat diri lo serendah itu depan mereka krna itu hanya akan buat lo semakin di kucilkan.
Dendam sama seseorang hanya akan buat lo semakin tersiiksa.. Gak usah mikirin itu semua, ikhlasin apa yg udah terjadi.
Masalah gak akan terselesaikan kalo ego lo yg lo utamain.
Sumber : @SindiranHEBAT
Continue reading...

Selasa, 07 Agustus 2012

Memahami Perbedaan Khalifah dengan Khilafah


1. Pengertian dan tujuan khilafah
a. Pengertian khilafah
Khilafah menurut bahasa ialah pergantian, kepemimpinan, dan pemerintah. Sedangkan menurut istilah, khilafah ialah penggantian kepemimpinan terhadap diri Rasulullah saw. dalam menjaga dan memelihara agama serta mengatur urusan dunia. Jelasnya, yang disebut khilafah yaitu suatu lembaga kekuasaan yang menjalankan tugas-tugas Rasulullah saw. dalam memelihara, mengurus, mengembangkan, dan menjaga agama serta mengatur urusan duniawi umat Islam.

Selain itu, khilafah juga dapat disebut dengan Imamah ‘Udzma atau Imarah ‘Udzma. Pemegang kekuasaan Khilafah disebut Khalifah, pemegang kekuasaan Imamah disebut Imam, dan pemegang kekuasaan Imarah disebut Amir.
b. Tujuan khilafah
Khilafah mempunyai tujuan yang mulia, yaitu untuk memelihara agama Islam dan mengatur terselenggaranya urusan umat manusia agar tercapai kesejahteraan dunia dan akhirat sesuai dengan ajaran Allah SWT.

Tujuan khilafah yang lebih rinci adalah :
  1. Melanjutkan kepemimpinan agama Islam setelah wafatnya Rasulullah saw.
    (bukan untuk menjadi atau menggantikan kedudukan sebagai Nabi, setelah wafatnya beliau, karena nabi Muhammad saw. adalah nabi terakhir yang diutus Allah SWT. dan tidak akan ada nabi atau Rasul setelahnya).
  2. Untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin yang dilengkapi aparat-aparat pemerintah.
  3. Untuk menjaga stabilitas negara dan kehormatan agama.
  4. Untuk membentuk suatu masyarakat yang hidupnya subur, makmur, sejahtera dan berkeadilan, serta mendapat ampunan dari Allah SWT.
Ketika Rasulullah saw. masih hidup, tugas untuk melaksanakan tujuan tersebut langsung ditangani sendiri oleh beliau, sebagai pemerintah percontohan (uswatun hasanah). Namun, setelah beliau wafat, tentu tugas itu tidak boleh berhenti karena akan terjadi kekosongan pemerintahan yang menyebabkan kekacauan tata kehidupan umat. Oleh sebab itu, para sahabat Rasulullah saw. tampil sebagai pengganti beliau dan diangkat secara demokratis, berdasarkan musyawarah mufakat.
2. Dasar-dasar khilafah
Khilafah dibentuk atas dasar-dasar sebagai berikut :
  1. Dasar menegakkan kalimat Tauhid; Khilafah yang dibentuk oleh Rasulullah saw. memiliki prinsip untuk menegakkan kalimat Allah SWT., serta memudahkan penyebaran Islam kepada seluruh umat manusia. Dalam dasar negara kita terdapat sila Ketuhanan Yang Maha Esa. (Perhatikan Q.S. Al-Baqarah: 163).
  2. Dasar ukhuwah Islamiyah atau prinsip persaudaraan dan persatuan. Khilafah dimaksudkan untuk menggalang persatuan dan persaudaraan dalam Islam. (Perhatikan Q.S. Ali Imran: 103).
  3. Dasar adanya persamaan derajat sesama umat Islam sebagai landasan dibentuknya khilafah. Prinsip ini sesuai dengan ajaran Islam yang menegaskan bahwa setiap umat manusia derajatnya sama, yang membedakannya hanyalah ketakwaan semata. (Lihat Q.S. Al-Hujurat: 13).
  4. Dasar musyawarah untuk mufakat atau kedaulatan rakyat. (Lihat Q.S. Asy-Syura: 38)
  5. Dasar keadilan sosial dan kesejahteraan bagi seluruh umat, khususnya umat manusia yang berada di bawah naungan khilafah yang bersangkutan. Atas dasar prinsip ini, khilafah harus menegakkan persamaan hak bagi segenap warganya. (Lihat Q.S. An-Nahl: 90).
3. Perbedaan Khilafah dan Khalifah
Sebagaimana telah dijelaskan pada pembahasan terdahulu, bahwa khilafah ialah suatu lembaga kekuasaan yang menjalankan tugas-tugas Rasulullah saw. dalam memelihara, mengurus, mengembangkan, dan menjaga agama serta mengatur urusan duniawi umat manusia.

Sedangkan khalifah ialah orang-orang yang melanjutkan tugas-tugas nabi Muhammad saw., sebagai Kepala Agama dan Kepala Negara, setelah beliau wafat. Namun tidak berarti menggantikan kedudukan nabi, sebab setelah nabi Muhammad saw. adalah tidak ada lagi nabi yang diutus Allah SWT.

Para khalifah yang menggantikan nabi Muhammad saw. setelah beliau wafat ada 4 orang, yaitu :
  1. Abu Bakar Shidiq,
  2. Umar bin Khatab,
  3. Ustman bin Affan, dan
  4. Ali bin Abi Thalib.
Mereka adalah para khalifah yang memimpin agama, juga memimpin negara dan pemerintah Islam. Artinya, mereka adalah para pemimpin yang bijaksana, sehingga dijuluki Khulafaur Rasyidin.
Baca juga Majlis Syura dan Ahlul Halli Wal’aqdi
Continue reading...

Senin, 06 Agustus 2012

Tips untuk Remaja Muslim



Apakah kamu remaja muslim/muslimah yang sedang kesulitan untuk memelihara keimanan atau mensyiarkan Islam di tengah komunitas non muslim? atau mungkin teman-teman kamu sekarang anak-anak muslim yang ‘terlalu gaul’ sehingga melupakan ajarannya? atau mungkin saat ini kamu sedang belajar di negara orang yang mayoritas beragama non islam? Jika demikian, mohon luangkan waktu sedikit untuk membaca tips-tips berikut ini. Insya Allah ada hal positif yang bisa membantu kamu

1. Luruskan dan niatkan setiap kegiatan kamu hanya untuk Allah SWT.
Kapanpun, dimanapun dan apapun yang sedang kamu lakukan, baik sendirian maupun bersama teman-teman, usahakan selalu mengingat Allah SWT. Berdoalah dan niatkanlah semuanya hanya demi Allah SWT.
2. Praktekkan selalu apa yang kamu katakan.
Kerjakanlah selalu apa yang kamu katakan pada teman-teman. Yakinkan teman-teman kamu bahwa Islam memang menjadi panduan hidup dan selalu konsisten kamu kerjakan.
3. Teladani Al-Qur’an dan Sirah Rosulullah SAW dalam mensyiarkan Islam.
Banyak sekali pelajaran mengenai cara syiar Rasulullah SAW dalam menyebarkan Islam yang terdapat di Al-Qur’an dan Sirahnya. Gunakan itu sebagai panduan syiar Islam kamu.
4. Jangan menilai teman kamu hanya dari wajah atau penampilannya.
Terkadang wajah dan penampilan bisa menipu. Bisa saja teman kamu yang pendiam dan sopan ternyata punya pekerjaan sampingan sebagai penari striptis, atau sebaliknya, bisa saja teman kamu yang nyentrik dan gaul, ternyata adalah seorang muslim yang taat. Hadapilah setiap orang dengan sikap yang sama, seakan-akan kamu belum mengenal mereka.
5. Tersenyumlah
Banyak sekali kita jumpai muslim yang taat menunjukkan wajah serius bahkan terlihat sebal jika diantara kalangan non muslim. Salah! Seperti kata Pak Mario Teguh, Tersenyumlah! dan perhatikan apa yang terjadi
6. Ambillah inisiatif pertama jika bepergian bersama mereka.
Usahakan selalu ambil inisiatif pertama jika akan bepergian. Jauhkan teman-teman kamu dari tempat-tempat yang tidak baik.
7. Tunjukkan pada mereka bahwa Islam itu tetap relevan kapanpun juga.
Banyak orang yang beranggapan bahwa Islam itu kuno dan ketinggalan zaman. Tunjukkan pada mereka bahwa ajaran Islam itu relevan kapanpun juga.
8. Ajaklah mereka untuk ikut kegiatan sosial bersama kamu.
Ketika ada kegiatan amal atau sosial, ajaklah teman-teman kamu untuk ikut serta. Partisipasi mereka akan banyak berpengaruh positif pada kedekatan kamu dengan mereka, dan terbukanya hati mereka untuk menolong sesama.
9. Tanyakan kepada mereka 4 hal mendasar.
Pada setiap kesempatan, pancinglah mereka untuk menjawab 4 pertanyaan ajaib ini. Empat pertanyaan ini seringkali dapat dengan mudah mengarahkan pembicaraan kepada Allah dan Islam dengan halus.
  1. Apa tujuan hidup kamu dan apa yang membuat kamu bahagia secara jujur dari hati terdalam?
  2. Apa sih yang kamu percayai?
  3. Kepada siapa seharusnya kita berterimakasih atas semua nikmat ini?
  4. Apakah semua keberhasilan kamu sampai hari ini tanpa bantuan orang lain?
10. Lakukan dan tunjukkan kepada mereka bahwa sholat 5 waktu itu terpenting dari semua kegiatan.
Tunjukkan pada mereka bahwa sholat 5 waktu itu adalah yang terpenting dalam semua waktu kamu. Katakanlah pada mereka bahwa itulah saat-saat kita berhubungan langsung dengan Allah SWT dan saat itu, kita bisa meminta bantuan apapun kepada-Nya. Jika teman kamu sedang menghadapi masalah, ajaklah dia untuk berdoa atau bahkan ikut sholat dengan kamu.
11. Angkatlah sikap-sikap orang dewasa yang positif di depan teman-temanmu.
Seringkali anak-anak muda menganggap orang dewasa (termasuk orang tua mereka) kuno dan -maaf- ‘bodoh’. Tunjukkan rasa hormat kamu pada orang-orang dewasa dan pujilah sikap orang dewasa yang positif, misalnya: ketika ada yang menolong anak muda lain, atau ketika ada da’i yang memberikan dakwah yang menarik, atau ketika ada yang memberi sumbangan dana untuk bencana, dll. Hal-hal itu tidak hanya akan membuka perspektif baru bagi teman-teman kamu, tapi juga akan membuat mereka lebih hormat pada orang tua mereka. Ingatlah, hormat kepada orang tua sangat dinilai tinggi dalam Islam.
12. Dukunglah dan bantulah teman kamu yang meneladani atau mulai mengikuti ajaran Islam.
Ketika pada akhirnya ada seorang teman kamu yang tertarik dan berusaha mengikuti ajaran Islam, segera bantu dan dukunglah dia semaksimal mungkin. Hadirlah selalu di dekatnya agar imannya yang masih lemah terus terbina dengan kehadiran kamu.
Referensi: www.soundvision.com/info/parenting/teens/12tips.asp
Continue reading...

Tips Mencintai Rasulullah SAW


Cinta adalah sebuah anugerah yang Allah SWT berikan pada setiap hati makhluknya. Sebagai manusia yang memiliki akal, kita harus bisa menempatkan cinta itu pada Allah SWT dan manusia yang tepat, manusia yang dapat membimbing kita meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat, yaitu Rasulullah SAW. Lalu bagaimanakah cara kita agar dapat mencintai Rasulullah SAW sepenuh hati? Berikut adalah cara mencintai beliau sesuai syari’at Islam serta mencontoh para salaf ash-sholih:
  1. Tauhidkan (Esa-kan) Allah. Rasulullah SAW diutus Allah SWT untuk menyeru kita kembali meyakini bahwa Allah adalah satu dan melarang kita mendekati syirik. Dengan tauhid yang kuat dalam dada kita, insya Allah kita akan mudah mendekatkan pada ajaran beliau.
  2. Ikuti ajaran Rasulullah SAW dan menjauhi larangannya. Manusia akan selalu taat kepada orang yang dicintainya. Begitu juga orang yang mencintai Rasulullah SAW yang mulia, ia akan selalu berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengikuti jejak beliau, bersegera mewujudkan teladannya dan bersegera menjahui larangannya.
  3. Perbanyaklah shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW. Bershalawat kepadanya memliki berbagai faedah dan manfaat diantaranya dapat mendatangkan kebajikan, dikabulkannya berbagai do’a, mendapatkan syafa’at, mendatangkan shalawat Allah atas hambanya, dan selamat dari kebakhilan.
  4. Bencilah orang yang Allah dan Rasul-Nya benci, musuhi orang yang memusuhi Allah dan Rasul-Nya, jauhi orang yang menyalahi sunnahnya, serta bencilah semua perkara yang menyalahi Syariat.
  5. Cintailah orang-0rang yang dicintai Rasulullah SAW. Rasulullah SAW sangat mencintai isteri-isterinya, keluarganya, sahabat-sahabatnya dan seluruh umat Islam yang berpegang teguh pada ajarannya, maka cintailah pula mereka semua.
  6. Benarkan dan yakinilah berita-berita yang beliau sampaikan.
  7. Laksanakan ibadah kepada Allah dengan tata-cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, tanpa ditambah-tambah ataupun dikurangi.
  8. Cintailah beliau SAW melebihi kecintaan kepada diri sendiri, keluarga dan seluruh manusia.
  9. Belalah selalu ajaran Rasulullah SAW. Cara membela ajaran beliau adalah dengan menghafal, memahami dan mengamalkan hadits-hadits Rasulullah SAW. Hidupkan pula sunnahnya dan sebarkanlah kepada masyarakat.
Banyak sekali keutamaan yang akan kita dapatkan jika mencintai Rasulullah SAW sepenuh hati, diantaranya adalah:
  1. Mendapatkan kesempurnaan iman dan merupakan cara untuk mendapatkan kecintaan Allah SWT.
  2. Akan bersama Rasulullah SAW di Akhirat
  3. Akan merasakan manisnya iman. Manisnya keimanan adalah merasakan lezatnya segala ketaatan dan siap menunaikan beban agama serta mengutamakan itu daripada seluruh materi dunia.
Referensi:
  1. “Katakanlah (wahai Muhammad), “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri (atau suami-suami) dan kaum keluarga kelian, juga harta yang kalian usahakan dan perniagaan yang kalian khawatirkan kerugiannya, dan rumah tempat tinggal yang kalian sukai adalah lebih kalian cintai daripada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah hingga Allah mendatangkan keputusan-Nya (azab)-Nya. Allah tidak akan memberikan petunjuk kepada orang fasik (derhaka).” (QS at-Taubah : 24).
  2. Pada suatu hari Umar bin Khattab berkata kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau lebih aku cintai dari segala sesuatu kecuali dari diriku sendiri.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menjawab, “Tidak, demi Allah, hingga aku lebih engkau cintai daripada dirimu sendiri.” Maka berkatalah Umar, “Demi Allah, sekarang engkau lebih aku cintai daripada diriku sendiri!” (HR. Al-Bukhari).
  3. “Demi Allah, salah seorang dari kalian tidak akan dianggap beriman hingga diriku lebih dia cintai dari pada orang tua, anaknya dan seluruh manusia.” (HR. Al-Bukhari)
  4. Dari Anas bin Malik RA, “Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi SAW tentang hari kiamat, “Kapankah kiamat datang?” Nabi pun SAW menjawab, “Apa yang telah engkau persiapkan untuk menghadapinya?” Orang itu menjawab, “Wahai Rasulullah, aku belum mempersiapkan shalat dan puasa yang banyak, hanya saja aku mencintai Allah dan Rasul-Nya SAW” Maka Rasulullah SAW pun bersabda, “Seseorang (di hari kiamat) akan bersama orang yang dicintainya, dan engkau akan bersama yang engkau cintai.” Anas pun berkata, “Kami tidak lebih bahagia daripada mendengarkan sabda Nabi SAW, ‘Engkau akan bersama orang yang engkau cintai.’” Anas kembali berkata, “Aku mencintai Nabi SAW, Abu Bakar dan Umar, maka aku berharap akan bisa bersama mereka (di hari kiamat), dengan cintaku ini kepada mereka, meskipun aku sendiri belum (bisa) beramal sebanyak amalan mereka.” (HR. Al-Bukhari)
  5. Dari Anas bin Malik ra., dari Nabi saw., beliau bersabda: “Ada tiga hal, barang siapa melaksanakan ketiga-tiganya maka ia akan merasakan kelezatan iman: Orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya melebihi cinta kepada yang lain, orang yang mencintai orang lain hanya karena Allah dan orang yang benci untuk kembali kekafiran sebagaimana benci untuk masuk ke dalam neraka.”(HR. Bukhari).
  6. “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus di kalangan tiap-tiap umat seorang rasul (agar menyeru mereka). Hendaklah kamu menyembah Allah dan jauhi Taghut.” (QS al-Nahl : 36)
  7. “Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan”. (QS. Al Anfaal (8): 24).
  8. “Apa yang Rasul perintahkan kjepada kalian, terimalah; apa yang Beliau larang atas kalian, tinggalkanlah”. (QS al-Hasyr : 7).
  9. “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu kepada Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [QS Al-Ahzaab: 56]
  10. Dari Abu Hurairah, ia berkata: “Rasulullah SAW. pernah bersabda: ‘Celakalah orang yang mendengar namaku disebut ia tidak mau bershalawat kepadaku, celakalah orang yang pada saat bulan Ramadhan datang, lalu berlalu begitu saja sebelum memperoleh ampunan, dan celakalah orang yang mendapatkan kedua orang tuanya telah tua, tetapi tidak menjadikan ia masuk surga.” (HR. Tirmidz)
  11. “Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang (perintah) Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu ialah bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. Mereka (yang setia) itu, Allah telah menanamkan keimanan dalam hati mereka…” (QS Al-Mujaadilah : 22).
  12. “Dan tiadalah yang diucapkannya itu, menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (QS. An-Najm: 3-4)
  13. “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” (QS. Al-Ahzab: 21).
  14. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang melakukan suatu amalan yang tidak sesuai dengan petunjukku, maka amalan itu akan ditolak.” (HR. Muslim)
  15. “Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri” (QS. Al Ahdzab: 6)
  16. “Tidaklah sepatutnya bagi penduduk Madinah dan orang-orang Badwi yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak patut (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada mencintai diri Rasul. Yang demikian itu ialah karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan pada jalan Allah. Dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan yang demikian itu suatu amal saleh. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.” (QS. At Taubah: 120)
  17. Dari ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz beliau pernah menulis surat kepada Abu Bakr bin Hazm: “Perhatikanlah mana yang merupakan Hadits Rasulullah hendaklah kamu tulis karena aku khawatir musnahnya ilmu agama ini dan lenyapnya para ulama. Janganlah engkau terima riwayat selain Hadits Nabi saw. dan hendaklah kalian sebarkan ilmu Hadits ini dan hendaklah kalian duduk untuk mempelajarinya sampai orang yang tidak tahu diajari sebab ilmu ini tidak akan musnah sampai menjadi barang yang asing.” (HR. Bukhari)
  18. Huquq An-Nabi ‘Ala Umatihi Fi Dha’il Kitab Was Sunnah. Dr. Muhammad Khalifah Al-Tamimi
  19. Mahabbatu An-Nabi Wa Ta’zimuhu. Fahd bin Abdullah Al-Habisyi.
  20. http://www.pks-arabsaudi.org/pip//?pilih=lihat&id=203

Continue reading...

Kamis, 02 Agustus 2012

Program C++ Mencari Regangan Jembatan


#include <stdio.h>

int main()
{
    float L,l,d;
    printf ("Mencari regangan jembatan. \n");

    printf("Input panjang rentangan: ");
    scanf("%f", &l);
    printf("Input lengkungan : ");
    scanf("%f", &d);

    L=(float)l+(float)(8.0*(d*d))/(float)3.0*l;

    printf("Panjang kabel=%.3f\n", L);
    return 0 ;
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Menghitung Jumlah Deret Aritmatika


#include <stdio.h>

int main()
{
    float a, b, sn;
    int n, i;
    printf("berikan suku pertama : ");
    scanf("%f", &a);
    printf("berikan beda :");
    scanf("%f", &b);
    printf("jumlah deret sampai suku keberapa ?");
    scanf("%d", &n);

    sn = (n/2)*(2*a+((n-1)*b));

    printf("\njumlah deret hingga %d suku = %.2f\n", n, sn);
    return 0;
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Menghitung Gaji Pokok



#include <iostream.h>
int golongan, g_pokok, tunjang_gol, tunjang_makan, pajak;
int tunjangan_jabatan(int golongan);
int tunjangan_makanan(int golongan);
int pajak_gt();
int gaji_pokok(int gol)
{
if(gol==1)g_pokok = 2000000;
if(gol==2)g_pokok = 2500000;
if(gol==3)g_pokok = 3000000;
return(g_pokok);
}

int tunjangan_jabatan(int golongan)
{
if(golongan==1)tunjang_gol = 500000;
if(golongan==2)tunjang_gol = 1000000;
if(golongan==3)tunjang_gol = 1500000;
return(tunjang_gol);
}

int tunjangan_makanan(int gol_makan)
{
if(gol_makan==1)tunjang_makan = 50000;
if(gol_makan==2)tunjang_makan = 100000;
if(gol_makan==3)tunjang_makan = 200000;
return(tunjang_makan);
}

int pajak_gt()
{
pajak = (g_pokok+tunjang_gol+tunjang_makan)*0.05;
return(pajak);
}

void main()
{
cout<<"Golongan Berapa?";
cin>>golongan;
cout<<"Gaji Pokoknya adalah="<<gaji_pokok(golongan)<<endl;
cout<<"Tunjangan jabatannya adalah="<<tunjangan_jabatan(golongan)<<endl;
cout<<"Tunjangan makannya adalah="<<tunjangan_makanan(golongan)<<endl;
cout<<"Pajak Gaji dan Tunjangan adalah="<<pajak_gt()<<endl;
}

sumber : kreasi ane gan !!
Continue reading...

Program C++ Cetak Angka Genap dari 100 sampai 1000



#include <iostream.h>
void main()
{
int angka=100;
while (angka<=1000)
{
cout<<angka;
angka=angka+2;
}
}

sumber : kreasi ane gan !!
Continue reading...

Program C++ Cetak Angka 1 sampai Angka yang di-Input manual dari Keyboard



#include <iostream.h>
void main()
{
int i=1;
int Maks;
cout<<"Masukkan angka=";
cin>>Maks;
While(i<=Maks)
{
cout<<i<<"  ";
i++;
}
}

sumber : kreasi ane gan !!
Continue reading...

Program C++ Cetak Angka 1 Sampai 1000



#include <iostream.h>
void main()
{
int i=1;
while (i<=1000)
{
cout<<i<<"  ";
i++;
}
}

sumber : kreasi ane gan !!
Continue reading...

Program C++ Mencari Nama Hari


#include <stdio.h>

int main()
{
    int kode;
    printf("Menetukan hari.\n");
    printf("input kode [1 - 7]: ");
    scanf("%d", &kode);
    switch (kode)
    {
        case 1:puts("hari minggu"); break;
        case 2:puts("hari senin"); break;
        case 3:puts("hari selasa"); break;
        case 4:puts("hari rabu"); break;
        case 5:puts("hari kamis"); break;
        case 6:puts("hari jumat"); break;
        case 7:puts("hari sabtu"); break;
        default:puts("kode salah");
    }

    return 0;
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Mencari Nilai Max dan Min dari Tiga Bilangan


#include <stdio.h>

int main()
{
    int a, b, c, min, max;
    printf("beri nilai a : ");
    scanf("%d", &a);
    printf("beri nilai b : ");
    scanf("%d", &b);

    printf("beri nilai c : ");
    scanf("%d", &c);

    min = (min=(a < b) ? a : b) < c ? min : c;
    max = (max=(a > b) ? a : b) > c ? max : c;

    printf("bilangan minimum : %d\n", min);
    printf("bilangan maximum : %d\n", max);

    return 0;
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Membuat Kalkulator Sederhana


#include <stdio.h>

int main()
{
    char op;
    int bil1, bil2;
    printf("Tuliskan bilangan, operator, bilangan :");
    scanf("%d %c %d", &bil1, &op, &bil2);

    switch(op)
    {
        case '+': printf("= %d", bil1 + bil2); break;
        case '-': printf("= %d", bil1 - bil2); break;
        case '*': printf("= %d", bil1 * bil2); break;
        case '/': printf("= %d", bil1 / bil2); break;
        default : printf("operator tidak dikenal!");
    }
    printf("\n\n");

    return 0;
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Untuk Mengetahui Bilangan Prima


#include <stdio.h>

int main()
{
    int i, habis = 0;
    long x;
    printf("Beri saya sebuah bilangan bulat: \n");
    printf("saya akan beritahu apakah bilangan itu ");
    printf("prima atau bukan.\n");
    scanf("%ld", &x);
    if(x <= 1)
    {
        printf("bilangan prima terkecil adalah 2.\n");
        exit(0);
    }
    for(i=2; i<x; i++)
    {
        if((x%i) == 0)
        {
            printf("habis dibagi %d, karena itu ", i);
            habis = 1;
            break;
        }
    }
    if(habis==0)
        printf("bilangan prima.\n", x);
    else
        printf("%ld bukan bilangan prima.\n", x);
    return 0;
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Mencari Nilai Faktorial


#include <stdio.h>

int main()
{
    long fakt(int);
    int bil;
    printf("Berikan sebuah bilangan bulat: ");
    scanf("%d", &amp;bil);
    if(bil&gt;=0)
        printf("%d faktorial = %ld.\n", bil, fakt(bil));
    else
        printf("Masukkan hanya bilangan cacah! ");
    return 0;
}

long fakt(int n)
{
    int i;
    long f=1;

    for(i=2; i&lt;=n; ++i)
        f *= i;
    return f;
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Membuat Segitiga Pascal


#include <stdio.h>

int bil, a, i, j, k;
int main()
{
    int pascal(int);
    printf("Masukkan sebuah nilai: ");
    scanf("%d", &amp;bil);
    for (i=0; i&lt;=bil; i++)
    {
        for (k=0; k&lt;=((2*bil)-(2*i)); k++)
        {
            printf(" ");
        }
        for (j=0; j&lt;=i; j++)
        {
            pascal(j);
        }
        printf("\n");
    }
    return 0;
}

int pascal(j)
{
    if (j==0||i==j)
    {
        a=1;
    }
    else
    {
        a=a*(i+1-j)/j;
    }
    printf("%4i", a);
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Membuat Diamond



#include <stdio.h>

int main()
{
 int i, j, t, start, space;
 printf("Masukkan jumlah diamond di baris tengah: ");
 scanf("%d",&amp;t);

 if(t%2 == 0)
 {
  start = 2;
 }
 else
     {
         start = 1;
     }

     space = t/2;
     i=start;
 while(i&lt;=t)
     {
  for(j=1; j&lt;=space; j++)
   printf(" ");
          space--;
             for(j=1; j&lt;=i; j++)
              printf("*");
              printf("\n");
      i=i+2;
     }

 space = start;
        i=(t-2);
 while(i&gt;=start)
     {
         for(j=1; j&lt;=space; j++)
   printf(" ");
   space++;
             for(j=1; j&lt;=i; j++)
              printf("*");
              printf("\n");
      i=(i-2);
     }
 return 0;
}

sumber : batercus
Continue reading...

Program C++ Mencari Nilai Maximum dan Minimum


#include <stdio.h>

int main()
{
 float min, max, x, y;
 printf("Mencari nilai max dan min dari dua buah bilangan.\n");
 printf("\nInput nilai x\t: ");
 scanf("%f", &amp;x);
 printf("Input nilai y\t: ");
 scanf("%f", &amp;y);

 max = ((x-y)&gt;=0) ? ((x+y)+(x-y))/2.0 : ((x+y)-(x-y))/2.0;
 printf("max\t= %.3f\n", max);

 min = ((x-y)&lt;=0) ? ((x+y)+(x-y))/2.0 : ((x+y)-(x-y))/2.0;
 printf("min\t= %.3f\n", min);

 return 0;
}

sumber : batercus
Continue reading...
 

Visitor Online

Followers

Zona Artikel Copyright © 2011 Not Magazine Transparent 3 Column is Designed by Yudi