Kamis, 23 Februari 2012

Awal Mula Shalat 5 Waktu


Shalat yang wajib pertama kali adalah shalat malam, disebutkan di QS. Al-Muzammil ayat 1-19. Kemudian hukumnya menjadi sunah pada ayat ke-20, dikarenakan ada kepentingan-kepentingan manusia yang bisa menjadi halangan bagi pencapaian kekhusyuan shalat tersebut nantinya, seperti istirahat malam serta pencarian nafkah yang dilakukan paginya.

Maka setelah itu yang diwajibkan adalah shalat 5 waktu…


Awal Mula Shalat 5 Waktu

Sebagaimana diketahui bahwa Nabiyullah Muhammad SAW menerima perintah shalat pada 27 Rajab tahun 11 kenabian atau 2 tahun sebelum Nabi berhijrah ke Madinah, shalat 5 waktu yang dilakukan adalah subuh, zuhur, ashar, maghrib dan isya…

Dan waktu shalat sudah ditentukan oleh Allah dalam QS. Al-Isra : 78, “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

Ayat diatas menerangkan tentang waktu shalat, dimana saat matahari tergelincir adalah zuhur dan ashar, kemudian shalat yang dilakukan saat malam adalah maghrib dan isya, kemudian shalat subuh langsung disebutkan di ayat tersebut.

Menurut hadist nabi yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, ia bercerita : Suatu hari ketika Rasul Saw sedang berbincang-bincang dengan sahabat Anshar dan Muhajirin, datanglah seorang Yahudi dan menanyakan tentang sesuatu yang diperintahkan oleh Allah kepada umat Islam. 

Rasul mengatakan: “Shalat dzuhur dikerjakan setelah tergelincir matahari; Ashar adalah shalatnya nabi Adam ketika makan buah khuldi dan tobatnya diterima oleh Allah pada saat maghrib. Sedangkan isya adalah shalatnya para Rasul, dan shubuh sebelum terbit matahari.”

Sementara itu, dalam beberapa keterangan disebutkan bahwa shalat 5 waktu yang dikerjakan oleh umat islam saat ini, berasal dari shalat para nabi terdahulu…

Shubuh, manusia pertama yang melakukan shalat ini adalah nabi Adam As, yaitu saat Adam diturunkan ke Bumi untuk menjadi khalifah (pengelola) di muka bumi. Konon Adam megerjakan shalat dua rakaat, menjelang terbit fajar. 

  • Rakaat pertama; sebagai tanda syukur karena terlepas dari kegelapan malam, 
  • Rakaat kedua, bersyukur atas datangnya siang.


Zhuhur, manusia yang pertama kali yang mengerjakan shalat ini adalah nabi Ibrahin As, saat Allah SWT memerintahkan kepadanya agar menyembelih anaknya Nabi Ismail As, dan Allah mengantikannya dengan seekor domba. Seruan itu datang pada waktu tergelincir matahari, lalu sujud Nabi Ibrahim sebanyak empat rakaat. 

  • Rakaat pertama, adalah sebagai tanda bersyukur bagi penebusan, 
  • Rakaat kedua adalah tanda syukur atas dihilangkannya kedukaan dari dirinya dan anaknya, 
  • Rakaat ketiga tanda syukur atas keridhaan Allah, dan
  • Rakaat keempat tanda syukur karena Allah menganti tebusannya.


Ashar, manusia yang pertama kali melakukan shalat ashar adalah nabi Yunus, saat ia keluar dari perut ikan Nun (paus). Ikan nun mengeluarkan nabi Yunus dari perutnya ke tepi pantai, sedangkan waktu itu telah masuk waktu ashar. Maka, bersyukurlah nabi Yunus dan mendirikan shalat empat rakaat karena terhindar dari empat kegelapan. 

  • Rakaat pertama, kegelapan akibat kesalahan meninggalkan kaumnya, 
  • Rakaat kedua, kegelapan malam dalam lautan, 
  • Rakaat ketiga, kegelapan malam akibat berhari-hari lamanya di dalam perut ikan Nun, dan 
  • Rakaat keempat kegelapan dalam perut ikan Nun.


Maghrib, manusia yang pertama mengerjakan shalat maghrib adalah nabi Isa As, yakni Allah SWT mengeluarkannya dari kejahilan dan kebodohan kaumnya, sedang waktu itu telah terbenam matahari. Maka, nabi Isa bersyukur dan bersujud sebanyak tiga kali. 

  • Rakaat pertama adalah untuk menafikkan bahwa tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, 
  • Rakaat kedua menafikkan zina yang dituduhkan atas ibunya, dan 
  • Rakaat ketiga untuk meyakinkan kaumnya bahwa tuhan itu hanya satu dan bukan tiga.


Isya, manusia yang pertama melakukannya adalah nabi Musa As, ketika itu nabi Musa tersesat mencari jalan keluar dari negeri Madyan, sedang dalam dalam dadanya penuh dengan duka cita. Allah swt menghilang kan semua perasaan duka citanya pada waktu malam. Lalu, shalatlah nabi Musa empat rakaat sebagai tanda bersyukur. 

  • Rakaat pertama sebagai tanda duka cita terhadap istrinya,
  • Rakaat kedua sebagai tanda duka cita terhadap Fir’aun, 
  • Rakaat ketiga tanda dukacita terhadap saudaranya Harun, dan 
  • Rakaat keempat adalah tanda duka cita terhadap anak Fir’aun.


Wallahu’alam,

by Facebook Comment untuk Anda!

Artikel Terkait


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung di Zona Artikel.
Kapan2 mampir lagi ya ! (:

 

Visitor Online

Followers

Zona Artikel Copyright © 2011 Not Magazine Transparent 3 Column is Designed by Yudi