Rabu, 07 Desember 2011

Tips Merawat Flash Disk


Media penyimpanan seperti disket yang hanya berkapasitas 1,4 MB, saat ini sudah tidak relevan lagi mengingat tuntutan kebutuhan media penyimpanan yang semakin besar. FD (Flash Disk) adalah jawabannya, selain ukurannya yang kecil sehingga mudah membawanya juga mempunyai kapasitas jauh lebih besar hingga 2.800 kali dari disket. Kapasitas FD bervariasi dari 64 MB hingga 4 G. Selain merk, harganya tergantung kapasitasnya. Sekarang, dengan uang 150 ribu sd. 172 ribu rupiah, kita sudah dapat mempunyai FD 1 G. Dengan FD, kita bisa menyimpan berbagai file/data, mulai data-data office, database, freeware/software atau bahkan sekarang bisa diinstall dengan Windows XP. Alat ini mempunyai banyak kelebihan dari disket selain mempunyai kapasitas yang besar juga mempunyai daya tahan (keawetan) lebih lama. Dengan perawatan dan pemakaian yang benar, usianya bisa mencapai 10.000 sd. 100.000 proses hapus tulis. Oleh karena itu, ada baiknya, Anda membaca tips dan trik komputer berikut.


Tips-tips merawat FD :
1. Hindarkan dari panas langsung atau tidak langsung
Komponen FD terdiri dari logam yang akan memuai apabila kena panas, maka hindarkan meletakkan FD dalam ruangan yg panas atau bahkan terkena sinar matahari langsung. misalnya jangan menaruhnya dalam bagasi mobil atau motor.

2. Hindarkan dari air.
Karena air merupakan penghantar listrik, maka alat ini pun bisa konslet apabila terkena air dan yang jelas pasti rusak.

3. Jauhkan dari medan manet
Di dalam FD terdiri dari chips atau logam kecil-kecil yang akan mudah terpengaruh dengan sumber medan magnet, oleh karena itu, hindari meletakkan FD ini dekat dengan TV, Radio Tape, Speacker Active, juga Ponsel yang menghasilkan gelombang radio dan magnet.

4. Hindari benturan yang keras
Walaupun dari pihak produsen mengklaim FD produknya anti shock (benturan), tetapi menghindari benturan/jatuh merupakan langkah antisipatif yang tepat.

5. Tutup selalu
Untuk melindungi dari debu dan kotoran, apabila sedang tidak digunakan, sebaiknya Anda selalu menutupnya. Debu atau kotoran dapat menyebabkan proses baca tulis sering gagal atau bahkan tidak terbaca sama sekali.

6. Lakukan prosedur eject atau stop
Jangan asal mencabut FD dari PC tetapi lakukan prosedur eject atau stop terlebih dahaulu. Kalau tidak, selain bisa menyebabkan data kacau atau hilang juga bisa memperpendek umur FD atau bahkan menjadi rusak.

7. Minimalisasi proses hapus tulis.
Dengan meminimalisasi proses hapus tulis, dapat membuat FD lebih awet. Ingat, usia FD kira-kira 10.000 sd 100.000 proses hapus tulis.

8. Lakukan scan virus.
Yang tak kalah pentingnya adalah selalu scan virus, sebelum Anda membuka atau mencopy filenya ke PC. Tentunya dengan antivirus yg terupdate secara berkala. Hal ini untuk mencegah PC tertular dari FD yang mungkin terinfeksi virus.

9. Jangan melakukan pengeditan langsung
Usahakan file/datanya kita copy ke PC dahulu, baru kemudian lakukan pengeditan di PC, setelah selesai, baru kemudian pindah/copykan ke FD. Pengeditan langsung di FD, menyebabkan umurnya lebih pendek.

Yang tertarik silakan download aja, klik di sini.
by Facebook Comment untuk Anda!

Artikel Terkait


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung di Zona Artikel.
Kapan2 mampir lagi ya ! (:

 

Visitor Online

Followers

Zona Artikel Copyright © 2011 Not Magazine Transparent 3 Column is Designed by Yudi