Senin, 06 Oktober 2014

Sejarah Kerajaan Kutai



Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Berdiri pada abad ke-4 Masehi. Kerajaan ini letaknya di Muara Kaman, tepatnya di tepi Sungai Mahakam, sekarang bernama Tenggarong (ibu kota Kabupaten Kutai) di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Raja Kutai yang pertama adalah Kudungga. Setelah beliau wafat digantikan oleh putranya yang bernama Aswawarman. Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya pada zarnan pemerintahan Mulawarman yang merupakan putra mahkota dan Aswawarrnan.

Keberadaan Kerajaan Kutai diketahui dan prasasti yang ditemukan di Muara Kaman. Isi prasasti itu dipahatkan pada tujuh buah yupa dengan menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. Yupa merupakan sebuah tiang batu yang biasa digunakan untuk mengikatkan hewan kurban pada masa itu.

Dalam ketujuh yupa itu ditulis silsilah Kerajaan Kutai, rnulai dan pernerintahan Kudungga, Aswawarman hingga Mulawarman yang membawa Kutai kepada puncak kejayaannya. Dalam yupa tersebut diceritakan bahwa Raja Mulawarman telah memberikan banyak sedekah kepada rakyat dan para Brahmana berupa emas, lampu dan sapi sebanyak 20.000 ekor.

Gambar 1.1 - Yupa

Gambar 1.2 - Letak Kerajaan Kutai

Sumber : buku PT.Sarana Panca Karya Nusa
by Facebook Comment untuk Anda!

Artikel Terkait


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung di Zona Artikel.
Kapan2 mampir lagi ya ! (:

 

Visitor Online

Followers

Zona Artikel Copyright © 2011 Not Magazine Transparent 3 Column is Designed by Yudi