Selasa, 14 Februari 2012

Semangka Unik


Siapa sih yang gak kenal buah semangka? Buat yang doyan banget sama semangka, jangan pernah mau untuk tinggal di jepang!! pasti sengsara banget deh rasanya Sumpah.. kita tahu, harga semangka disini untuk yang kualitasnya biasa saja mungkin bisa kita dapatkan berkisar 10-15ribu rupiah, di jepang malah dijual dengan harga sekitar 2000 yen atau sama dengan (Rp.160.000) per-buah, sementara untuk yang kualitas bagus harganya sekitar 4000 yen (Rp.320.000). selama ini dijepang masyarakat pertanian dan budidaya buah semangka sedang dalam proses perbaikan mutu buah yang lebih efisien.

Berhubung rumah orang jepang itu mempunyai arsitektur kecil-kecil dan mempunyai banyak keterbatasan untuk perletakan barang terutama yang hidup di daerah pertanian, menurut mereka untuk menyimpan buah semangka yang mempunyai mutu bagus itu cukup merepotkan. Kenapa tidak, dengan bentuknya yang bulat dan besar, kadang-kadang malah jadi mantep alias makan tempat. Nah dengan alasan itulah para petani di jepang punya ide cemerlang untuk menciptakan semangka dengan bentuk yang lebih "simple" (bentuk kotak misalnya). Dengan diciptakannya semangka berbentuk kotak, otomatis untuk menyimpan semangka ini juga jauh lebih praktis! bisa di tumpuk-tumpuk, bisa di letak di sudut, di paket dalam kotak pengiriman, dan lain-lain. Semangka berbentuk segi empat ini adalah hasil olahan petani di Prefektur Kagawa, sebelah barat daya Pulau Shikoku.Para petani tersebut membuat semangka kotak dengan memasukkan semangka kedalam sebuah kotak berbentuk kaca. setelah buah semangka bertambah besar maka secara sendirinya semangka tadi akan berbentuk kotak.



Kita mungkin juga akan merasa senang melihat kreasi-kreasi bentuk buah yang aneh-aneh ini. Tapi mungkin cuma masih sebatas senang meliatnya saja, dikarenakan harganya bener-benar tidak masuk akal untuk konsumen indonesia. Coba bayangin aja, untuk 1 buah semangka kotak harganya $ 99.00 (Rp 1.089.000)! Alamak mahal sekalee.

Dari kabar yang diperoleh di negara Jepang, semangka kotak ini biasanya dijadikan hadiah untuk orang-orang penting, atau sebagai hadiah dalam acara-acara formal aja.

Malahan dalam kurun waktu belakangan ini selain semangka kotak, muncul juga semangka-semangka berbentuk lain. Yang sudah pernah diperlihatkan diantaranya semangka segitiga, semangka bulat raksasa, semangka bentuk hati, dan yang bikin heran lagi, konon ada semangka bentuk muka orang! memang banyak cara untuk membuat bentuk semacam itu, mungkin bisa dimulai dari rekayasa pertanian.




Hingga sekarang ini harga-harga semangka terbaru ini juga lebih mahal daripada semangka kotak. kalo yang pernah dipublis di shibuya jepang mungkin harga semangka segitiga sekitar 30.000 yen (2,4 juta rupiah), tapi ternyata harganya cukup bervariasi tergantung besarannya juga. kalau sempat kita bisa bandingkan perbedaan harganya di pasar internet, semangka segitiga biasanya seharga sekitar 30.000-100.000 yen (100.000 yen = 8 juta rupiah). Menakjubkan bukan!

by Facebook Comment untuk Anda!

Artikel Terkait


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung di Zona Artikel.
Kapan2 mampir lagi ya ! (:

 

Visitor Online

Followers

Zona Artikel Copyright © 2011 Not Magazine Transparent 3 Column is Designed by Yudi