Jumat, 13 Januari 2012

Seberapa aman Anda di Facebook


Facebook adalah situs jejaring sosial nomor satu di dunia yang beroperasi dan dimiliki secara pribadi oleh Facebook, Inc. Dilaporkan pada bulan September 2009, website ini mengklaim telah memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif, yang menyamai lebih besar dari populasi 4 negara di dunia. Selain itu, Facebook melaporkan bahwa arus kas finansial mereka menjadi positif untuk pertama kalinya pada bulan September 2009.

Di Facebook, pengguna dapat menambahkan aplikasi yang dibuat oleh pihak lain/pihak ketiga, yang berupa widgets sederhana, untuk menambah ‘keren’ profil facebook. Cara kerjanya, setelah pengguna menginstal widget, aplikasi ini akan muncul di profil sebagai ikon kecil. Pemain diundang untuk bermain, memanfaatkan fitur dari aplikasi atau melakukan tugas kecil di widget.

Tapi apakah semua aplikasi tersebut benar-benar aman untuk pengguna?  Chief research officer Anti Virus AVG, Roger Thompson, mengatakan bahwa berbagai aplikasi dari Facebook telah dikompromikan oleh hacker jahat. Meski ditambahkan juga bahwa aplikasi seperti itu masih dalam jangkauan terbatas dan hanya sedikit pengguna yang memanfaatkannya.

Dalam penelitian lain, analis aplikasi Facebook menemukan data yang mengejutkan bahwa dari sepuluh aplikasi terkenal yang diteliti, enam diantaranya telah dihack dan sekitar 9.700 aplikasi yang terinfeksi telah menimpa sekitar 218 juta pengguna.

Apps Facebook adalah Perangkat Lunak Berbahaya?
AVG telah menemukan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut telah dihack dengan menggunakan “iframe,” yang menempatkan dokumen HTML lain dalam bingkai di dalam dokumen HTML biasa. Hal ini melaporkan bahwa iframes ini dapat menambahkan konten dari situs-situs berbahaya lainnya ke dalam Facebook app aplikasi yang mengarahkan pengguna untuk menginstal perangkat lunak dengan terlebih dahulu diarahkan untuk men-download  perangkat lunak terbaru. Selain itu, ditemukan bahwa iframes ini telah dimanfaatkan untuk menyuntikan kode-kode yang terinfeksi ke dalam perangkat lunak komputer pengembang facebook.

Pihak Facebook sendiri telah mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan situasi ini dan juga menghubungi para pengembang untuk memperingatkan tentang masalah ini. Meski kerentanan dalam aplikasi Facebook jarang dialami pengguna, tetapi penelitian masalah keamanan ini telah membuat semua pihak waspada terhadap aplikasi pihak ketiga.

Apakah Setiap App Aman?
Baru-baru ini, banyak pengguna Facebook telah menemukan bahwa pada berbagai aplikasi kuis, mereka memberikan sejumlah besar informasi pribadi.  Selain itu, informasi pribadi dapat tersedia untuk pengguna lain, yang turut berinterkasi dengan Anda. Faktanya, Facebook tidak mengevaluasi keandalan dari pengembang untuk setiap kebijakan privasi.

Pada tahun 2007, Facebook telah mengadopsi inovasi terbuka bagi pengembang aplikasi dengan melepaskan Facebook Platform. Tapi, sekarang aplikasi ini menempatkan privasi pengguna pada kerentanan masalah informasi.  Oleh karena itu, setelah melihat banyak kasus apps yang dihacked, keamanan, kurangnya kebijakan privasi dan membuka informasi pribadi di kuis, pengguna facebook mungkin akan bertanya-tanya bagaimana kemanan aplikasi ini selanjutnya.

Apa yang bisa dilakukan pengguna facebook?
OK.  Sebelum berniat untuk berpartisipasi dalam sebuah kuis atau mengirimkan hadiah virtual (gift), pengguna harus memperhatikan masalah keamanan yang berbeda dengan situs sosial lainnya. Namun, pengguna dapat secara aktif mengambil beberapa tindakan pencegahan seperti:

1.) Jangan memberikan informasi pribadi secara transparan.


2.) Gunakan semua pengaturan privasi yang ditawarkan oleh Facebook


3.) Anda harus memverifikasi identitas teman sebelum menerima permintaan request friend mana pun.



by Facebook Comment untuk Anda!

Artikel Terkait


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung di Zona Artikel.
Kapan2 mampir lagi ya ! (:

 

Visitor Online

Followers

Zona Artikel Copyright © 2011 Not Magazine Transparent 3 Column is Designed by Yudi