Jumat, 13 Januari 2012

Hikmah


Halaman ini berisi kumpulan hikmah-hikmah, baik dari sisi logika maupun ilmiah, yang dapat ditarik dari segala perilaku dan kebiasaan Rasulullah Muhammad SAW.

Hikmah tidur berbaring miring
Penelitian modern telah membuktikan bahwa kebiasaan tidur Rasulullah Muhammad SAW dengan cara berbaring miring ke kanan dengan diselingi berbaring miring ke kiri sebentar, sangat bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah:
  1. Melancarkan pencernaan
  2. Memperlancar pernafasan ketika tidur
  3. Menjaga jantung tetap sehat
  4. Menjaga paru-paru tetap sehat
Tidur seperti ini merupakan tidur paling efisien. Pada saat itu makanan bisa berada dalam posisi yang pas dengan lambung sehingga dapat mengendap secara proporsional. Lalu beralih ke sebelah kiri sebentar agar agar proses pencernaan makanan lebih cepat karena lambung mengarah ke lever, baru kemudian berbalik lagi ke sebelah kanan hingga akhir tidur agar makanan lebih cepat tersuplai dari lambung. Hikmah lainnya, tidur dengan miring ke kanan menyebabkan beliau lebih mudah bangun untuk shalat malam.

Hikmah tidur dibawah 8 jam
Penelitian Daniel F Kripke, ahli psikiatri dari Universitas California yang dilakukan di Jepang dan AS selama 6 tahun dengan responden berusia 30-120 tahun mengatakan bahwa orang yang biasa tidur 8 jam sehari memiliki resiko kematian yang lebih cepat. Sangat berlawanan dengan mereka yang biasa tidur 6-7 jam sehari.

Hikmah madu
Rasulullah SAW menggemari madu yang dicampur air. Berdasarkan penelitian, madu yang dicampur air sangat baik untuk membersihkan air liur dan pencernaan

Hikmah makan dengan tenang
Makan dengan tenang memiliki banyak keutamaan. Penelitian menunjukkan bahwa cara makan seperti ini akan menghindarkan tersedak, tergigit, kerja organ pencernaan pun jadi lebih ringan. Makanan pun bisa dikunyah dengan lebih baik, sehingga kerja organ pencernaan bisa berjalan sempurna. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik akan sulit dicerna dan dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan kanker di usus besar.

Hikmah shaum
Shaum memiliki pengaruh luar biasa dalam menjaga kesehatan. Manfaat shaum secara ilmiah diantaranya:
  1. Melebur berbagai berbagai ampas makanan,
  2. Memberikan waktu bagi organ pencernaan untuk beristirahat sejenak.
  3. Mengoptimalkan kerja lambung
  4. Menjadi obat penenang bagi stamina dan organ tubuh sehingga energinya tetap terjaga.
  5. Sangat ampuh untuk detoksifikasi (pembersihan racun) yang sifatnya total dan menyeluruh.
Sumber : cara-muhammad

by Facebook Comment untuk Anda!

Artikel Terkait


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung di Zona Artikel.
Kapan2 mampir lagi ya ! (:

 

Visitor Online

Followers

Zona Artikel Copyright © 2011 Not Magazine Transparent 3 Column is Designed by Yudi